Sejarah Desa

31 Januari 2017 12:18:39 WIB

Sejarah Desa Katipugal

 

Katipugal berasal dari sebuah kota pugal yang artinya Batu yang berada di bukit Jati Ngarang. Singkat cerita dulu di baewah bukit Jati Ngarang sebelah Barat terdapat sebuah sumber air yang sangat besar, karena lokasi tersebut menurut Ki Ageng JatiKumelar ingin dijadikan pemukiman, maka diambillah batu pugal yang berada di bukit Jati Ngarang untuk menutupi sumber air tersebut.Kemudian setelah sumber air itu tertutup, akhirnya lokasi tersebut ditempati oleh seorang demang yang membawahi empat wilayah meliputi: Desa Katipugal, Desa Kalipelus, Desa Karangnongko, dan Desa Plumbungan. Jadi daerah di sekitar tempat sumber air yang ditutupi oleh batu pugal itu dinamakan Katipugal yang sekarang menjadi sebuah nama Desa yaitu Desa Katipugal.

Desa Katipugal telah berdiri sejak jaman penjajahan Belanda. Pada saat itu tentunya kondisi desa masih belum menentu karena masyarakat merasa tercekam oleh kekuatan fisik tentara Belanda, namun sudah ada pimpinan Desa yang disebut Ki Demang. Ki Demang merupakan seorang yang sangat berpengaruh pada saat itu dan ditunjuk oleh tentara Belanda untuk memimpin Desa hingga tahun 1942, yang pada tahun itu sebelumnya sudah ada pembangunan yang diprakarsai oleh tentara Belanda namun hanya sebatas pelebaran jalan.

Beberapa tahun berselang datang tentara Jepang yang berkeinginan untuk menguasai dan mengatur Desa sehingga Ki Demang (Kepala Desa) diganti menjadi Lurah disertai pembantu-pembantunya guna memperlancar tugas dalam memimpin Desa karena keadaan diwaktu itu kondisi masyarakat masih terbelakang baik pengetahuan, keterampilan, maupun bidang yang lain sehingga keadaan desa statis. Apalagi letak Desa Katipugal yang jauh sehingga hanya terdapat beberapa hutan / tanaman yang mengelompok dan di situ juga terdapat rumah penduduk disisi lain terdapat jalan, selebar jalan setapak yang menghubungkan rumah ke rumah penduduk sedangkan kondisi tanah banyak yang gundul dan belum ada penghasilan untuk menambah gizi masyarakat.

Kehidupan masyarakat tentunya masih sangat tradisional pada saat itu, namun berkat kegigihan masyarakat yang diprakarsai petinggi desa, kondisi Desa Katipugal semakin mengarah kerasional terbukti adanya kegiatan-kegiatan kerja bakti, gotong royong masyarakat bermunculan di sana sini dan pembangunan fisik sehingga 1960 profil Desa Katipugal semakin kelihatan. 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Katipugal

tampilkan dalam peta lebih besar